Oleh: Annisa Hidayat | 5 Mei 2010

Do’a Rasulullah saw. untuk Ibnu Abbas r.a.

Sudah menjadi sifat yang manusiawi jika setiap orang senang didoakan. Seperti yang sudah lazim berlaku dalam tradisi, banyak orang yang datang sowan kepada para ulama yang notabene dianggap sebagai warasah al-anbiya’ dengan tujuan tabarukan (ngalap berkah) atas doa-doa yang terucap dari sosok yang diagungkan itu. Mereka beranggapan bahwa setiap doa yang dilontarkan oleh tokoh istimewa tersebut adalah maqbul. Namun, apakah benar doa tersebut menjadi maqbul tanpa adanya usaha?

Berkaitan dengan masalah ini, bagaimana fakta yang terjadi pada zaman Rasulullah saw., tepatnya antara para sahabat dan Rasulullah saw.? Memang benar, tradisi semacam ini pernah dialami oleh sahabat Rasulullah saw., yaitu Ibnu Abbas. Dengan kapasitas intelektual yang tinggi dan atas keloyalannya terhadap Rasulullah saw., ia pernah didoakan oleh Rasulullah saw. supaya menjadi orang yang ahli Al-Qur’an.

Doa Nabi adalah pernyataan akan kenyataan. Ketika doa Sang Nabi bersinergi dengan talenta kecerdasan dan kedisiplinan yang tinggi, maka doa tersebut mewujud. Terbukti dalam sejarah, setelah dewasa, Ibnu Abbas menjelma menjadi ilmuwan garda depan dalam Islam. Ibnu Abbas menjadi seorang ulama fikih yang terpandang, ahli hadis yang masyhur, ahli bahasa yang disegani, dan mufasir yang diakui otoritasnya. Ia bahkan menjadi sosok orang yang ahli dalam Al-Qur’an tingkat kedua setelah Ibnu Mas’ud, hingga ia mendapat gelar al-bahru fi al-‘ilmi. Tanwir al-Miqbas adalah nama kitab tafsir karya Fairuzzabadi yang dinisbatkan kepada Ibnu Abbas, sebuah kitab tafsir awal yang selalu menjadi rujukan utama bagi para mufasir setelahnya. Jumlah hadis yang diriwayatkannya pun cukup banyak, sekitar 1660 hadis.

Adapun hadis yang menjelaskan bahwa ia pernah didoakan oleh Rasulullah saw adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Sahih al-Bukhari, Bab al-‘Ilm, No. 73 sebagai berikut.

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ ضَمَّنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ اللَّهُمَّ عَلِّمْهُ الْكِتَابَ

Abu Ma’mar telah menceritakan kepada kami, Abdul Warits telah menceritakan kepada kami, Khalid telah menceritakan kepada kami, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, “Rasulullah saw. telah memelukku (ke dadanya) dan bersabda,Ya Allah, ajarkanlah ia al-Kitab (Al-Qur’an).’”

Adapun asal-usul yang menjadi latar belakang kemunculan hadis tersebut adalah peristiwa yang dialami oleh sahabat Nabi Muhammad saw. bernama Abdullah bin Abbas ketika menyiapkan air untuk berwudu Rasulullah saw. Kemudian, Rasulullah saw. menghadiahkan sebuah doa untuk Ibnu Abbas.

Dari kajian terhadap hadis riwayat Imam Bukhari tentang doa Rasulullah saw. untuk Ibnu Abbas, penulis menyimpulkan bahwa:

  1. Melalui takhrij al-hadis, secara keseluruhan didapatkan 16 hadis dengan 18 jalur periwayatan (sanad) hadis yang setema dengan hadis riwayat Imam Bukhari.
  2. Berdasarkan i’tibar as-sanad, hadis riwayat Imam Bukhari ini masuk ke dalam kelompok hadis ahad dengan kategori hadis garib.
  3. Berdasarkan kajian terhadap sanad, hadis riwayat Imam Bukhari ini berstatus sebagai hadis sahih.
  4. Berdasarkan kajian terhadap matan, hadis riwayat Imam Bukhari ini berstatus sebagai hadis sahih dan hadis maqbul. Dengan demikian, hadis ini boleh diamalkan dan boleh dijadikan hujah.
  5. Secara kontekstual, hadis riwayat Imam Bukhari ini bersifat universal, karena pesan yang dikandung dalam hadis ini masih relevan dengan situasi kekinian dan kedisinian. Yaitu, dapat memberikan nilai-nilai edukatif bagi penumbuhan semangat dalam tafaqquh fi ad-din wa tafaqquh fi al-‘ilm.

Demikianlah uraian ringkas hadis riwayat Imam Bukhari tentang doa Rasulullah saw. untuk Ibnu Abbas. Semoga hasil kajian ini bisa menambah wawasan dan khazanah keilmuan kita, khususnya dalam bidang hadis. Wallahu a’lam bi as-sawwab. []

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 849 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: